Jumat, 16 Agustus 2019

Cerita Bahasa Arab dan Artinya Tentang Pemburu dan Merpati


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

سِيَادَةَ رَئِيْسِ الجَلَسَةِ، أَصْدِقَائِيْ وَصَدِيْقَاتِي الْأَعِزَّاءِ، سِيَادَةَ الضُّيُوْفِ الْكِرَامِ، أَقِفُ أَمَامَكُمْ هَهُنَا، لِأُلْقِيَ الْقِصَّةَ الْقَصِيْرَةَ، تَحْتَ المَوْضُوْعِ : الصَّيَّادُ وَ الْحَمَامُ

ذَهَبَ صَيَّادٌ إِلَى حَدِيْقَةٍ تَكْثُرُ فِيْهَا الطُّيُوْرُ, وَ وَضَعَ شَبَكَةً بَيْنَ الْأَشْجَارِ, وَ اخْتَفَى فِي مَكَانٍ قِرِيْبٍ مِنَ الشَّبَكَةِ, فَمَرَّتْ بِالْمَكَانِ جَمَاعَةٌ مِنَ الْحَمَامِ, فَنَزَلَتْ بِهِ, وَ لَمْ تَرَ الشَّبَكَةَ السَّوْدَاءَ, وَ أَخَذَتْ تَلْتَقِطُ الْحَبَّ, فَانْطَبَقَتِ الشَّبَكَةُ عَلَيْهَا.

فَحَاوَلَتْ كُلُّ حَمَامَةٍ أَنْ تُخَلِّصَ نَفْسَهَا, فَلَمْ تَسْتَطِعْ, فَقَالَتِ الْحَمَامَةُ الْكُبْرَى :عَلَيْنَا أَنْ نَتَعَاوَنَ حَتَّى نَحْمَلَ الشَّبَكَةَ, وَ نَطِيْرُ بِهَا, فَنَنْجُوَ جَمِيْعَا مِنَ الصَّيَّادِ.

فَتَعَاوَنَ الْحَمَامُ, وَ حَمَلَ الشَّبَكَةَ, وَ جَرَى الصَّيَّادُ بِسُرْعَةٍ, وَ مَدَّ يَدَهُ نَحْوَ الشَّبَكَةِ فَلَمْ تَصِلْ يَدُهُ إِلَيْهَا, لِأَنَّ الْحَمَامَ طَارَ بِهَا.

اِتَّجَهَ الْحَمَامُ بِالشَّبَكَةِ إِلَى فَأْرٍ صَدِيْقٍ لَهُ, فَقَرَضَ الْفَأْرُ الشَّبَكَةَ, وَ نَجَا الْحَمَامُ بِتَعَاوُنِهِ.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

ARTINYA
                                                         

Assalamu’alaikum Wr Wb…
Yang terhormat pembawa acara, teman-temanku yang berbahagia, dan para tamu undangan yang kami mulyakan. Saya berdiri di sini untuk menyampaikan cerita singkat dengan judul: Pemburu dan Merpati:
Seorang pemburu pergi ke sebuah kebun yang terdapat banyak burung. ia pun meletakkan jaring berburunya di antara pepohonan, setelah itu iapun bersembunyi di tempat yang tak jauh dari jaringnya itu, lantas sekelompok burung merpatipun lewat di jaring itu dan burung-burung itupun turun ke jaring, mereka (burung-burung) itu tak menyadari bahwa itu adalah sebuah jaring berwarna hitam, merekapun mulai memakan umpan yang berupa biji bijian. Maka jaringpun menangkap mereka.
Kemudian semua merpati itupun berusaha melepaskan diri. namun mereka tidak berhasil, lalu seekor merpati yang paling besar berkata : “Kita harus tolong menolong supaya kita bisa mengangkat jaring ini dan menerbangkannya dan pada akhirnya kita bisa selamat dari si pemburu.”
Lantas sekelompok merpati itupun bekerjasama dan mereka berhasil membawa jarring itu. si pemburu itupun lari kencang sambil menggapai jaring itu dengan tangannya namun tangannya tidak sampai (menggapai). Karena merpati-merpati itu telah menerbangkannya.
Sekelompok merpati tadi pergi menuju si tikus yang menjadi sahabatnya, lalu si tikuspun menggigit jaring tadi dan selamatlah semua burung merpati tadi dengan cara tolong menolong.”


Disampaikan Untuk Siswa dan Siswi MTs Muhammadiyah 7 Takerharjo Solokuro Lamongan.

@khusyudulhibri_budi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar